Selasa, 08 Desember 2009

Kesederhanaan Ibu (hal yang sederhana yang hanya dapat dilakukan oleh seorang Ibu)


Kalian pernah gak ngebayangin dari kecil udah berapa liter ASI yang agan minum? Saya rasa ngga nih...... Saya juga kebayangnya karena ada yang ngeralat salah nulis ASI pake "air" didepannya Padahal ASI kan AIR SUSU IBU jadi ga perlu kata air lagi, itu pemborosan kata-kata namanya.

Kebeneran tadi sore saya ketemu teman saya seorang alumni kebidanan jadi saya tanya-tanya tentang ilmu kebidanan. Dan saya nanya berapa kapasitas bayi meminum ASI Ibunya sekali menyusui.
Jawabannya adalah Kurang lebih normalnya 100 ml. Abis itu saya hitung deh.

Gini Perhitungannya :

- ambil rata-rata setiap anak sekali menghisap asi ibunya sekitar 100 ml

- kira-kira dalam satu hari = 24 jam anak tersebut bisa 7-8 kali minum asi ibunya kata temen saya yang bidan tadi nih, kita ambil 8 kali

Perhitungannya jadi :

100 x 8 = 800 ml --> Kira2 1 liter

- Keharusan seorang ibu untuk menyusui anaknya adalah 2 tahun hingga pertumbuhan anaknya dan perkembangan otaknya sempurna.

- Satu tahun adalah 365 hari, dan dalam 2 tahun ada 730 hari.

Maka perhitungan nya menjadi

730 hari x 800 ml = 584.000 ml atau 584 liter

untuk memudahkan kita pakai perbandingan 1 drum minyak kosong, itu
kapasitas nya kurang lebih 200 liter

berarti dalam 2 tahun ibu kita menghasilkan kurang lebih 3 drum ASI untuk kita. Terbayangkah oleh kita? dari tgl 07 - 08 thn - 19.. sampai 03-12-2009 saya ga pernah terpikirkan hal seperti ini.

saya hanya terharu karena begitu besar perjuangan ibu saya untuk menyusui saya, dan dia tidak pernah meminta imbalan, yang dia mau hanya saya menjadi anak yang sukses dimatanya. Saya harap kita semua bisa lebih lagi menghargai Ibu yang telah melahirkan kita.

Semoga ini bisa buat jadi renungan kalian semua para anak.

saya cuma minta tolong kepada kalian semua agar menghargai ibu kalian masing-masing.

makasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar